Selasa, 14 Agustus 2018

Istimewanya Sahabat Disabilitas ~ Essay Terbaik Maba PKh 2018 ke-6

Istimewanya Sahabat Disabilitas 
Oleh : Farnaz Azarine (PKh 2018)

Pada zaman modern seperti saat ini tidak seharusnya anak-anak berkebutuhan khusus dipandang sebelah mata oleh orang lain. Seperti yang kita ketahui banyak sekali orang-orang diluar sana yang menganggap anak berkebutuhan khusus tidak memiliki kemampuan dan keahlian. Bahkan tidak jarang kehadiran anak-anak berkebutuhan khusus mendapatkan penolakan dan berbagai reaksi yang kurang baik dari masyarakat. Sebenarnya mereka itu bukan tidak memiliki kemampuan dan keahlian. Mereka hanya butuh waktu dan cara yang berbeda untuk menggali dan menemukan potensi yang terpendam dalam diri mereka. Perlu kita ketahui semua anak manusia yang lahir ke dunia ini tidak ada yang benar-benar terlahir dengan sempurna,karena sesungguhnya hakikat manusia memang tidak ada yang sempurna dan setiap manusia juga pasti memiliki kelebihan dan keterbatasannya masing-masing. Sekalipun mereka yang terlahir sebagai anak berebutuhan khusus,mereka tetap memiliki hak 
yang sama seperti anak-anak lainnya. Mereka berhak mendapatkan pendidikan,mereka berhak untuk berkarya dan mengembangkan kemampuan atau keahlian yang mereka miliki. 

Namun kenyataan berkata lain,banyak anak-anak berkebutuhan khusus yang masih sulit untuk memperoleh pendidikan yang tinggi begitu pula dengan pekerjaan,mereka sangat sulit untuk mendapatan peluang. Sudah saatnya di zaman yang serba modern seperti saat ini kita tidak memandang mereka sebelah mata lagi,karena dengan atau tanpa kita sadari banyak sekali anak-anak berkebutuhan khusus memiliki prestasi yang sangat membanggakan. Meski mereka memiliki keterbatasan fisik atau mental dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya,namun hal tersebut tidak dapat menghentikan seseorang untuk tetap berprestasi dan berkarya untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan. Seperti contohnya Tim Harris,ia adalah sesorang penyandang down syndrome. Namun sejak kecil Tim tidak pernah putus asa dalam mewujudkan cita-cita serta impiannya untuk memiliki sebuah restaurant. Berkat semangat dan kegigihannya kini Tim memiliki sebuah restaurant yang cukup terkenal di Amerika Serikat yaitu Tim’s Place. 

Anak-anak berkebutuhan khusus memang membutuhkan usaha yang keras dari dalam diri mereka sendiri dan juga perhatian yang ekstra karena adanya keterbatasan fisik ataupun mental yang mereka miliki. Dari proses tersebut,banyak anak-anak berkebutuhan khusus justru memiliki prestasi yang luar biasa dan tentunya sangat membanggakan. Ada banyak hal yang dapat kita petik dari anak-anak berkebutuhan khusus tersebut. Contohnya mereka memiliki semangat dan sifat tidak mudah putus asa yang setebal baja,karena mereka sendiri tidak peduli dengan segala keterbatasan yang mereka miliki. Dengan segala keterbatasan yang ada mereka juga tetap bisa berdamai dengan keadaan yang mereka alami,untuk berdamai dan menerima keadaan tentu bukanlah hal yang mudah. Namun saudara dan teman kita yang memiliki kekurangan dan keterbatasan tersebut dapat menerimanya dengan ikhlas dan lapang dada. Bahkan mereka menjadikan keterbatasan dan kekurangan yang mereka miliki menjadi semangat dan motivasi mereka untuk tetap terus berkarya dan meraih kesuksesan. Betapa hebat dan luar biasanya mereka disaat kondisi mereka yang kurang beruntung,mereka tetap memiliki semangat yang tinggi serta memiliki pikiran yang positif.

Sudah saatnya sekarang kita untuk saling menghargai sesama manusia dan tidak memandang anak berkebutuhan khusus sebelah mata hanya karena mereka memiliki kekurangan dan keterbatasan. Kita sebagai orang-orang yang lebih beruntung sudah seharusnya kita lebih bersyukur dan menghargaii mereka saudara dan teman kita yang berkebutuhan khusus. Kita tidak boleh membiarkan mereka terpuruk dan sedih terus menerus dengan keadaan yang mereka alami. Mereka ada dan lahir di dunia ini untuk kita rangkul bersama. Karena disetiap kekurangan dan keterbatasan yang mereka miliki,mereka memiliki keistimewaan yang luar biasa hebatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar