Selasa, 14 Agustus 2018

Mereka yang Dapat Bersinar ~ Essay Terbaik Maba PKh 2018 ke-8

Mereka yang Dapat Bersinar
Oleh : Vania Rhomensi (PKh 2018)

Banyak orang yang meremehkan orang lain dari penampilan luarnya saja. Mereka menghakimi orang yang mempunyai keterbatasan akan gagal masa depannya. Contohnya saja seperti orang yang memiliki keterbatasan fisik. Kebanyakan orang-orang tidak pernah melihat kemampuan yang dimiliki oleh penyandang disabilitas. Banyak orang yang menganggap bahwa mereka hanya menjadi penghambat saja. Apakah kalian menganggap masa depan mereka akan gagal? Apakah kalian berpikir masa depan mereka gelap dan tidak akan pernah bersinar? Apakah kalian menganggap bahwa mereka hanya menjadi penghambat? Meskipun mereka mempunyai keterbatasan fisik, mereka terus berusaha untuk masa depan mereka.

Meskipun mereka memiliki keterbatasan fisik, semangat mereka terus berkobar dan berapi-api. Karena satu, selagi mereka merasa mampu dan mau menjalankan suatu hal, keterbatasan tidak akan menghalangi mereka. Mereka akan terus bersemangat menjalankan apa yang mereka suka dan yang mereka cita-citakan. Dan terlebih jika mereka didukung oleh orang sekitar dan dibimbing dengan benar, mereka dapat melakukan hal yang dipikir oleh orang lain tidak mungkin berubah menjadi mungkin bahkan bisa menjadi suatu hal yang luar biasa dan membanggakan. Contohnya seperti atlet Paralimpik. Meskipun mereka mempunyai keterbatsan fisik, mereka terus berusaha dan karena usaha mereka, tidak sedikit dari mereka yang dapat mengharumkan nama bangsa dan membawa pulang berbagai mendali. Dua¸ meskipun banyak orang yang menghakimi mereka bahwa mereka tidak mempunyai kesempatan untuk bersinar, tidak mempunyai kesempatan untuk sukses, mereka terus bersemangat dan mencoba untuk tidak memikirkan omongan orang yang hanya melihat mereka dengan sebelah mata. Mereka terus berusaha meskipun hati mereka sakit dan meskipun air mata mereka terus mengalir karena perkataan yang menyakitkan dari orang lain. Hati mereka mungkin memang hancur tetapi dukungan dari orang terdekat mereka membuat semangat mereka tidak akan pernah hancur. Tiga, meskipun mereka diremehkan, mereka akan terus memperlihatkan kemampuan yang mereka miliki dan menunjukan bahwa keterbatasan mereka tidak akan mempengaruhi kualitas yang akan dihasilkan terlebih jika mereka dibantu untuk mengembangkan ide-ide yang mereka miliki, ide-ide mereka nantinya dapat berkembang dan tentunya juga skill mereka akan berkembang dan terus berkembang. Empat, ketika penyandang disabilitas melamar pekerjaan, tentunya pemerintah, perusahaan swasta, atau semacamnya sangat diharapkan untuk melihat kemampuan mereka terlebih dahulu dan tidak langsung meminta mereka untuk mencoba ditempat lain. Jika para disabilitas diberi kesempatan seperti yang diberikan kepada orang normal lainnya, mereka akan mencoba untuk melakukan yang terbaik dan tentunya karyawan yang bekerja satu tim dengan penyandang disabilitas juga harus mendukung mereka dan membantu mereka agar pekerjaan yang sedang mereka kerjakan dapat berjalan dengan lancar dan selesai dengan sempurna. Lima, karena banyak perusahaan yang melihat penyandang disabilitas hanya menjadi penghambat dan tidak memiliki potensi dalam bidang apapun, menjadikan  mereka ditolak bekerja sana-sini dan kemudian mereka mencoba untuk bersinar dengan cara mereka sendiri. Seperti mencoba membuat kerajinan tangan atau usaha lainnya yang dapat dijual oleh mereka dan tidak sedikit dari mereka yang sukses dari hasil usahanya. Dan kebanyakan dari mereka yang sudah sukses akan membagi ilmunya kepada orang lain untuk bekerja bersama mereka atau mereka diperbolehkan untuk membuka usaha sendiri jika sudah mahir dibidang tersebut.

Oleh sebab itu, sebaiknya semua orang jangan pernah berpikir sedikitpun bahwa orang yang memiliki kekurangan akan gagal dan sulit untuk sukses dan juga jangan pernah menilai orang dari luarnya saja. Dan jangan pernah menganggap remeh siapapun karena jika label luar mereka cakap belum tentu kemampuan mereka cakap juga. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar