Selasa, 14 Agustus 2018

Kita Harus Bantu ~ Essay Terbaik Maba PKh 2018 ke-7

Kita Harus Bantu
Oleh : Pratomo Zainul Muttaqin (PKh 2018)

Disabilitas atau yang biasa kita sebut sebagai seseorang penderita atau penyandang cacat terkadang memang merupakan sebagai suatu masalah yang tersendiri bagi perspektif atau pandangan pada masyarakat tertentu. Jika kita membahas tentang Disabilitas apalagi dalam pandangan dan perspektif kacamata masyarakat kebiasaan merupakan suatu hal ironi yang benar benar sangat menyedihkan, yang kebanyakan kita lihat bahwa saat ini mereka mendapatkan perlakuan yang berbeda dalam lingkungan masyarakat dan social. Padahal para kaum penyandang disabilitas dalam berkehidupan masyarakat dan dalam melakukan kegiatan interaksi social membutuhkan bantuan dan pandangan positif terhadap para penyandang disabilitas itu sendiri. Bahkan yang lebih parah lagi yang saya lihat dari pengalaman saya sendiri adalah menghindari mereka para kaum penyandang Disabilitas. Banyak alasan utama yang membuat mereka memperlakukan para kaum penyandang Disabilitas seperti itu seperti salah satunya adalah menganggap bahwa mereka adalah aib keluarga yang memalukan sehingga efek yang diderita oleh mereka adalah dikucilkan dalam pergaulan interaksi sosial bermasyarakat dan berbagai macam permasalahan besar lainnya.

Disabilitas memang merupakan sebuah ketidak sempurnaan yang diderita oleh seseorang itu sendiri, baik mental, fisik, maupun mental dan fisik juga, namun pada hakekatnya tak ada satu orang pun yang ingin menderita kecacatan atau kelainan pada diri mereka tersebut, hal tersebut hanya kehendak dan anugerah yang diberikan oleh Tuhan YME. Penyebab terjadi disabilitas pada setiap orang adalah berbeda beda, ada yang memang merupakan cacat dari bawaan atau dari lahir, cacat terjadi karena kecelakaan, maupun ada juga yang terjadi karena penyakit kronis dan masih banyak lagi yang membuat mental mereka merasa rendah diri dan kadang merasa tidak berguna bagi masyarakat.

Menyikapi dan merespons para penyandang disabilitas memang bukan merupakan hal yang mudah, menyikapi para penderia disabilitas dengan penyebab yang berbeda juga memerlukan perlakukan atau tidakan yang berbeda juga. Kita juga harus menyikapi mereka dengan hati kita karena para penderita disabilitas juga dapat merasakan dengan hati mereka terhadap ketulusan dan keikhlasan terhadap apa yang kita lakukan ke mereka yaitu kita harus menghargai, karena pada dasarnya sebagian mereka menganggap dirinya tidak berharga dan tidak dihargai. Kaum disabilitas bukanlah kaum yang harus dihujan dan dikucilkan, namun kita harus merangkul bersama agar mereka dapat hidup seperti manusia normal karena sesungguhnya kita ini sama.

Disabilitas dalam pandangan masyarakat merupakan hal yang sangat mengganggu bagi masyarakat itu sendiri. Karena pandangan masyarakat yang menganggap mereka merupakan orang yang tidak bisa apa apa alias tidak berdaya. Dan juga pada pandangan selanjutnya adalah masyarakat memandang bahwa mereka adalah sosok yang harus dikasihani dan ditolong. Penyebabnya adalah karena mereka para penyandang disabilitas dianggap dalam perspektif masyarakat sebagai sosok yang kurang mampu dan membutuhkan bantuan pertolongan. 

Yang sekarang harus kita lakukan agar perspektif dan mindset buruk terhadap para penyandang disabilitas adalah sudah seharusnya kita sebagai masyrakat yang sudah dikaruniakan kesempurnaan fisik dan hidup yang telah diberikan oleh Tuhan YME  sudah seharusnya kita bisa berfikir cerdas dan positif terhadap dengan adanya para kaum disabilitas yang ada disekitar lingkungan kita baik dari tingkah lakunya maupun keterbatasan yang mereka alami, bukannya kita menghina dan menjauhi mereka karena kita menganggap mereka sebagai sesuatu yang negatif bagi kita karena keterbatasan yang mereka punya, akan tetapi kita sangat harus membantu dan merangkul mereka dan membantu mereka untuk melakukan kehidupan manusia normal pada umumnya karena dimata tuhan kita sama derajatnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar