Selasa, 14 Agustus 2018

Kehebatan yang Kurang Diperhatikan: Autism ~ Essay Terbaik Maba PKh 2018 ke-5

Kehebatan yang Kurang Diperhatikan: Autism
Oleh : Intan Maulidia Khoeriyah (PKh 2018)

Autism adalah gangguan perkembangan yang mengganggu kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi. Gangguannya dapat berupa kurangnya interaksi sosial, penghindaran kontak mata, kesulitan dalam mengembangkan bahasa, dan pengulangan tingkah laku.

Memiliki anak yang menderita autis memang tidaklah mudah. Anak penderita autis, selain tidak mampu bersosialisasi, ia juga tidak dapat mengendalikan emosinya. Kadang tertawa terbahak, kadang marah tak terkendali, bahkan dia sendiri tidak mampu mengendalikan dirinya sendiri, dan memiliki gerakan yang selalu diulang-ulang. Anak yang menyandang autis memang membutuhkan perhatian ekstra. 

Namun, terlepas dari itu semua ada kelebihan anak autis yang jarang sekali orang tahu. Kelebihan pertama adalah anak autis memiliki kemampuan lebih kreatif. Penelitian ini dilakukan di Inggris dengan melakukan survei online terhadap 312 peserta. Ada 75 orang diantaranya autisme, sementara 237 lainnya bukan autis. Kemudian, parda peneliti menilai kreativitas peserta dengan meminta mereka untuk menafsirkan gambar tertentu. Dari penelitian tersebut, peserta yang didiagnosa menderita autisme umumnya memberi jawaban yang lebih baik.

Kelebihan yang kedua adalah memiliki kemampuan visual yang lebih baik. Ini mungkin dapat menjelaskan mengapa kebanyakan orang autis memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengingat dan menggambarkan objek secara rinci. Hasil studi dari Universitas Montreal menunjukkan bahwa pada orang autisme, area otak yang berhubungan dengan informasi visual berkembang sangat bagus. Sedangkan otak lainnya kurang aktif, yaitu otak yang berhubungan dengan pengambilan keputusan dan perencanaan.

Kelebihan yang ketiga adalah memiliki IQ atau intelektual diatas rata - rata. Akan tetapi, kelebihan ini tidak sesuai dengan perkembangan emosional dan sosial. Sehingga, banyak anak autis yang kurang dihargai. Isaac Newton adalah ilmuwan yang menemukan teori gravitasi dan mekanika klasik yang juga didiagnosa mengidap sindrom asperger. Sindrom tersebut merupakan salah satu bentuk dan bagian dari autisme. Selain Isaac Newton ada juga Albert Einstein.

Albert Einstein adalah ilmuwan terkemuka abad modern yang juga mempunyai ciri - ciri autisme. Penemu dari sebuah teori relativitas itu tidak dapat melakukan interaksi sosial dengan baik. Einstein juga kerap kali gagap ketika menghadapi publik untuk menjelaskan teori - teori cemerlangnya. Ini adalah contoh orang hebat dengan kekurangan mereka namun berhasil dan sukses dalam kehidupannya. 

Kemampuan anak autis bisa berkembang lebih optimal lewat jalur pendidikan yang tepat dan juga dukungan positif dari orang tua dan keluarganya. Pendidikan juga bisa membangkitkan rasa percaya diri anak autis. Peranan keluarga akan sangat dibutuhkan bagi kemajuan anak-anak semacam ini.

Kita sering lupa pada hakikatnya mereka sangat istimewa, yang berbeda dari kebanyakan kita. Sesungguhnya mereka anak-anak surgawi yang mengajarkan kita banyak hal. Sayangnya kita tidak berpikir panjang pada hikmah tersembunyi dibalik pelajaran sabar dan ikhlas yang mereka tanamkan di lubuk hati kita yang paling dalam. Seorang penyandang autis memberi tantangan tersendiri bagi Ibu hebat yang membesarkannya juga keluarga super yang terus mendukungnya. 

Dari pembahasan mengenai kehebatan anak autisme ini, bahwasanya autis bukanlah penyakit. Autis bukanlah cacat mental. Autis bukan gila ataupun label - label negatif lainnya. Autis adalah gangguan perkembangan. Sehingga, kata 'sembuh' rasanya kurang tepat untuk mereka. Yang lebih tepat adalah bahwa mereka dapat diberikan perhatian dan penanganan semaksimal mungkin. Sehingga nantinya mereka dapat beradaptasi dengan situasi yang juga dihadapi orang lain pada umumnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar