Senin, 06 Agustus 2018

Selamat Datang Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Khusus UNJ 2018


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tidak ada kata-kata yang dapat mewakili rasa kebahagiaan saat menyambut para calon penerus perjuangan dunia Pendidikan Khusus selain kalimat sederhana :

'Selamat datang mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Khusus angkatan 2018 di kampus pelopor pergerakan intelektual'

Awal baru sudah akan dimulai, meninggalkan seragam putih abu yang menjadi identitas dan ciri khas saat masih duduk dibangku sekolah sehingga membataskan diri dalam menunjukan ideologi yang dimilikinya, menuju dunia kampus yang mempunyai suatu ciri khas setiap pemuda memiliki ideologi yang kuat dan terus kuat dan menjadi landasan setiap pemuda untuk mengenal dan menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus.

Bukan rahasia umum identitas sebagai mahasiswa hanya dapat dinikmati oleh segelintir pemuda saja negeri ini yang sejatinya impian setiap pemuda di bangsa ini. Bukan menjadi hal yang berlebihan jika akan banyak harapan yang dibebankan ke pundak setiap mahasiswa. Mahasiswa, memiliki posisi yang sangat strategis dalam strata sosial, yaitu berada di antara masyarakat dengan pemerintah. Posisi ini yang akan menjadikan mahasiswa sangat berperan penting dalam berperan menyuarakan aspirasi rakyat kepada pemerintah, bahkan menyampaikan apa yang terjadi di tatanan pemerintahan kepada rakyat. Maka hal ini yang menyebabkan mahasiswa memiliki peran penting yang perlu kita pahami bersama.

Dimulai dari Agent of Chance, bisa didefinisikan bersama sebagai figur yang mampu membawa perubahan dimanapun mereka berada, baik perubahan yang ada di lingkungan sosial masyarakat hingga dalam lingkup bangsa. Fungsi ini bukanlah hal yang semata mata disematkan tanpa dasar kepada setiap mahasiswa, kita bisa perhatikan kembali dengan adanya peristiwa sumpah pemuda, yang menjadi salah satu bukti perjuangan pemuda yang senantiasa menjadi ganda terdepan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, lalu dengan adanya peristiwa penculikan Ir. Soekarno oleh golongan muda yang melihat peluang untuk mendeklarasikan kemerdekaan Republik Indonesia setelah melemahnya keadaan militer Jepang. Tentu harapan menjadi agen perubahan yang disematkan golongan muda akan terus digantungkan terutama kepada mahasiswa.

Adapun social control jika ditarik kembali ke masa kini, kita mahasiswa yang juga berada di Pendidikan Khusus bisa menjadi pelopor terdepan untuk mengubah pemikiran masyarakat umum tentang disabilitas dengan berbagai pencerdasan yang mampu kita lakukan sehingga kesetaraan hak untuk disabilitas dapat diraih secara utuh dan pada akhirnya kontrol sosial untuk tidak ada diskriminasi disabilitas lagi akan tetap terjaga. Fungsi mahasiswa lainnya adalah iron stock yang menggambarkan bahwa mahasiswa akan menjadi pemimpin masa depan dan mampu untuk mendobrak peradaban.

Besar sekali harapan yang disematkan untuk mahasiswa menandakan ada kepercayaan rakyat kepada kita semua, karena yang akan melanjutkan perjuangan aspirasi rakyat dan membela hak hak mereka adalah pemuda terutama mereka yang disematkan gelar mahasiswa karena keunggulan intelektualitas dan ideologi yang dimiliki.

Maka akan banyak impian yang akan kalian dapatkan jenjang pendidikan tinggi ini. Mendapat IPK yang tinggi dan lulus secepatnya memang menjadi hal yang realistis dan impian setiap mahasiswa, namun bukan berarti dengan membatasi impian juga akan membatasi peran penting sebagai mahasiswa. Menjadi mahasiswa Pendidikan Khusus bukan berarti terbatas berakhir menjadi guru yang memperbaiki keadaan siswa agar mampu dewasa bukan? lebih dari itu, akan banyak hal-hal disabilitas yang juga akan dirasakan sehingga dorongan untuk membela itu akan terus datang. Jangan lupakan harapan rakyat yang secara tersirat sudah disematkan kepada kalian yang menjadi pemimpin di masa depan, berharap akan terus datang pewaris peradaban bangsa. Sangat dinantikan semangat pemuda yang selalu dirindukan di bumi pertiwi ini, terus bergerak dan teruslah berkarya sehingga akan ada karya-karya Impresif yang dihasilkan dan memberikan kesan terbaik untuk bangsa.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam Impresif!

Muhammad Irwan
Ketua BEMP PKh 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar